AKTUALISASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM KONTEKS PENDIDIKAN NASIONAL

Imam Bonjol Juhari

Abstract


Untuk men-dinamisir proses belajar mengajar bahasa arab, maka diperlukan, pertama; guru yang profesional  dalam arti memiliki sikap positif kepada bahasa arab, menguasai keterampilan/keahlian dalam berbahasa arab, menguasai metodologi pengajaran bahasa arab baik teori maupun praktek, serta mampu mengembangkan kesejawatan profesional; kedua, adanya siswa yang memiliki motivasi yan tinggi dalam mempelajari bahasa arab. Hal ini ditunjukkan dengan adanya minat, kemauan serta kesungguhan dalam mengikuti proses belajar mengajar bahasa arab. Ketiga, tersedianya berbagai sarana penunjang pembelajaran bahasa arab yang memadai. Sarana penunjang ini bisa berupa koleksi perpustakaan bahasa arab, adanya laboratorium bahasa arab, adanya buku teks bahasa arab yang lengkap, tersedianya alat bantu  pengajaran, serta terciptanyan lingkungan / bi’ah bahasa arab yang kondusif, baik lingkungan fisik ataupun lingkungan psikologis, serta terciptanya berbagai macam aktivitas kebahasaaraban seperti yang telah disebutkan di atas. 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.