DESAIN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PONDOK PESANTREN; STUDI PONDOK PESANTREN AL-KAROMAH BALI

Siti Qosidah, Nurhadi Nurhadi, I. Mustofa Zuhri

Abstract


Sebagai sebuah lembaga pendidikan yang bertugas dalam menyelenggarakan proses pendidikan dan pembelajaran, Pondok Pesantren Al-Karomah mengemban misi dan amanah tidak hanya menyelenggarakan proses pendidikan dan pembelajaran saja akan tetapi lebih dari itu untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, dan berwawasan luas. Peelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan proses pendidikan karekteryang ada di pondok pesantren Al-Karomah. Kesimpulan tentang desain pendidikan karakter berbasis pondok pesantren mebbgunakan empat model pendekatan yakni; 1) pendidikan karakter ala ahlussunnah wal-jama`ah. 2) pendidikan karakter kebiasaan, 3) pendidikan karakter keteladaan dan 4) pedidikan karakter berbasis kedisiplinan

 

Kata Kunci: Desan Karakter,Pesantren


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN 1412-5439 

e-ISSN 2656-7369