IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN BUDAYA MUTU PADA SATUAN PENDIDIKAN

Zainul Hakim

Abstract


Terwujudnya sekolah yang berbudaya mutu merupakan tuntutan yang harus dipenuhi oleh setiap satuan pendidikan untuk meningkatkan prestasi. Keberhasilan sekolah dalam meningkatkan budaya mutu merupakan usaha besar bagi kepala sekolah dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin yang dengan kemampuan manejerialnya yang transformatif  berupaya mewujudkan budaya mutu.

Implementasikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan budaya mutu pada satuan pendidikan meliputi: (1) Kepala Sekolah menjabarkan Visi dan misi dalam melaksanakan kepemimpinan transformasionalnya untuk mencapai tujuan Sekolah, (2) nilai-nilai kepemimpinan kepala sekolah adalah kedisiplinan, tanggung jawab, amarma’ruf nahi mungkar dan nilai kebersamaan sebagai sumber dan modal bagi terbentuknya budaya mutu, (3) kepala sekolah memberikan penghargaan pada guru dan siswa berprestasi untuk meningkatkan motivasinya, (4) kepala sekolah melakukan hubungan sosial dan emosional baik pada internal maupun eksternal sekolah, (5) kepala sekolah melakukan hubungan organisatoris secara konsultatif dan kordinatif.

Sedangkan Implementasi Budaya Mutu Sekolah tercermin pada (1) kepala sekolah meningkatkan mutu  dengan memberikan pelayanan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan pelayanan administrasi, (2) peningkatan mutu guru dan staf sekolah, (3) kepala sekolah meningkatkan mutu sarana dan prasarana sekolah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.