MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Khotibul Umam

Abstract


Budaya  organisasi merupakan inti dalam sebuah organisasi pendidikan yang memiliki pengaruh yang kuat terhadap iklim organisasi, pada gilirannya organisasi itu akan menjadi efektif. Oleh karena itu untuk dapat menjalankan roda organisasi pendidikan yang baik, maka budaya organisasi itu harus diciptakan, dipelihara, dan diperkuat, bahkan diubah agar sesuai dengan tuntutan internal maupun eksternal organisasi.

Selama ini banyak penelitian menyimpulkan bahwa budaya organisasi yang kuat akan menjadikan anggota lebih puas, termotivasi dan memiliki komitmen yang besar terhadap organisasi. Disamping itu budaya organisasi yang kuat akan dapat meningkatkan komitmen, antusiasme, dan loyalitas anggota terhadap organisasi tersebut, sehingga diharapkan dari budaya yang baik tersebut akan dapat membawa dampak yang positif terhadap kemajuan lembaga pendidikan.

Kajian  tentang budaya organisasi dalam tulisan  ini, akan dipaparkan dalam pembahasan, diantaranya yaitu; 1). Konsep tentang upaya dalam membangun budaya organisasi, didalamnya mengkaji (a) Pengertian dan Konsep Budaya Organisasi, (b) Komponen Budaya Organisasi, (c) Fungsi Budaya Organisasi, (d) Hakikat Budaya Organisasi, dan (e) Bagaimana Para Pemimpin Membentuk Budaya Organisasi. Sedangkan pembahasan 2) Membahas Upaya Membangun Mutu Kinerja dalam Manajemen Pendidikan Islam.

 

Kata Kunci: Budaya Organisasi, Manajemen, Pendidikan Islam.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.