MENGUAK PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA TENTANG KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK

TITIN NURHIDAYATI

Abstract


Lunturnya nilai-nilai moral dari diri manusia, telah melahirkan banyak pelanggaran dan penyelewengan di berbagai bidang. hal ini tidak bisa lepas dari peran dan tanggung jawab keluarga sebagai pilar pendidikan pertama bagi seseorang, masyarakat yang membesarkan, dan lembaga pendidikan di bangku- bangku sekolah. Meskipun segala upaya telah dilakukan, kesadaran individu tetap mengambil tempat terdepan dalam aplikasi nilai-nilai yang diperolehnya.  Apabila menilik lebih jauh, sebenarnya telah banyak solusi yang ditawarkan oleh para tokoh pendidikan untuk masalah tersebut,  salah satunya adalah Ki Hadjar Dewantara.Konsep Pendidikan akhlak menurut Ki Hadjar Dewantara adalah pemberian nasehat-nasehat, materi-materi, anjuran-anjuran yang dapat mengarahkan anak  pada  keinsyafan dan  kesadaran akan  perbuatan baik  yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak, mulai dari masa kecilnya sampai pada masa dewasanya agar terbentuk watak dan kepribadian yang baik untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin. Dalam proses pendidikan tersebut harus ada pendidik dan anak didik. Pendidikan akhlak yang dikembangkan oleh Ki Hadjar Dewantara berdasarkan pada asas pancadharma, yang terdiri dari kodrat alam, kemerdekaan, kebudayaan, kebangsaan dan kemanusiaan.

 

Kata Kunci: Pendidikan, Akhlak,  Ki Hadjar Dewantara


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.