STATISTIKA DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN

Abdul Rahim

Abstract


Statistik merupakan metode ilmiah yang terdiri dari proses pengumpulan data, mengorganisasi data tersebut sehingga lebih berarti. Dalam dunia pendidikan, statistika membahas tentang prinsip-prinsip, metode, dan prosedur yang digunakan sebagai cara pengumpulan, menganalisa serta menginterpretasikan sekumpulan data yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Pemahaman terhadap statistika akan berkenaan dengan beberapa hal yaitu : data dan variabel penelitian, hipotesis, populasi dan sampel dan interprestasi uji statistik.

Statistika dalam dunia pendidikan dapat dirasakan manfaatnya oleh para pemakai (seperti pendidik, mahasiswa, peneliti dan lain-lain) dalam rangka menunjang kelancaran tugas para ”petugas” pendidikan tadi. Misalnya dipakai dalam kegiatan evaluasi (penilaian) dan penelitian.

Peranan statistik dalam penelitian pendidikan antara lain ; 1) Alat untuk menghitung besarnya anggota sampel yang diambil dari suatu populasi, 2) Alat untuk menguji validitas dan reliabilitas instrument, 3) Teknik-teknik untuk menyajikan data, sehingga data lebih komunikatif, 4) Alat untuk analisis data seperti menguji hipotesis penilitian yang diajukan. Dalam hal ini yang di gunakan antara lain; korelasi, regresi, t-test, anova dll.

 

Kata Kunci : Penelitian Pendidikan, Statistika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.