Manajemen Kelas Berbasis Sentra (Upaya Pemanfaatan Multiple Intelegnci Anak Usia Dini)

NUR UDDIN

Abstract


Menciptakan kelas yang nyaman dan mampu untuk menstimulasi kecerdasan anak adalah bagian dari tujuan manajemen kelas.

Multiple intelligences yang ditemukan dan dikembangkan oleh Howard Gardner, menggolongkan bahwa kecerdasan yang dimiliki anak setidaknya ada delapan kecerdasan yaitu  Kecerdasan Gerak-Tubuh (Bodily kinesthetic intelligence), Kecerdasan Visual-Spasial (Spatial-Visual intelligencen, Kecerdasan Linguistik ( Linguistic intelligence), Kecerdasan Musikal (Musical intelligence), Kecerdasan Interpersonal (Interpersonal intelligence), Kecerdasan Intrapersonal (Intrapersonal intelligence) Serta Kecerdasan Naturalis (Naturalist intelligence).

Kedelapan kecerdasan anak  itu, akan mampu dirangsang dengan system menejem kelas berbasis sentra, karena didalam sentra, anak diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang mereka inginkan sendiri, mengembangkan seluruh aspek  perkembangannya secara optimal, diberi kesempatan untuk berintersaksi dengan anak yang lain.

 

Kata Kunci : Manajemen Kelas, Sentra dan Multiple Intelegenci

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.