IMPLEMENTASI METODE KISAH AL-QUR`AN DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DAN SKI DI MADRASAH IBTIDAIYYAH

Fathiyaturrahmah Fathiyaturrahmah Fathiyaturrahmah

Abstract


Pendidikan adalah usaha sadar yang membentuk watak dan prilaku secara sistematis, terencana, dan terarah. Madrasah adalah lembaga pendidikan yang memasukan nilai-nilai Islam baik dalam kurikulum pembelajarannya maupun dalam etika sehari hari. Untuk itu Madrasah harus bisa menjadi model percontohan dalam menegakkan Amar ma’ruf nahi munkar, khususnya untuk tindak pidana korupsi  pada penyelenggaraan pendidikan.Islam memerintahkan umatnya agar hanya memakan dan memakai harta yang halal. Halal dan haram tidak hanya ditentukan dari dzatnya saja, melainkan juga bagaimana cara memperolehnya. Korupsi menurut kesepakatan Ulama (ijma) merupakan suatu tindakan yang sangat diharamkan oleh Islam. Maka dari itu sangatlah penting untuk mengintegrasikan kurikulum pendidikan anti korupsi di madrasah ibtidaiyyah sebagai lembaga yang secara basic menanamkan budaya anti korupsi di lingkungan madrasah.

 

Kata Kunci : Integrasi Pendidikan Anti Korupsi, Kurikulum Madrasah Ibtidaiyyah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.