IMPLEMENTASI JIGSAW LEARNING METHOD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA KELAS IV MI SUNAN GIRI MALANG

Hartono Hartono Hartono

Abstract


Pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah, merupakan poin penting dalam tercapainya keberhasilan pendidikan. Oleh karena itu, proses pembelajaran  sarat dengan berbagai macam permasalahan. Dari sekian banyak masalah yang muncul, sebagian besar berasal dari dalam kelas di mana proses kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung.

Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran wajib yang harus dipelajari oleh seluruh elemen bangsa. Salah satu komponen penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah kompetensi berbicara. Pada kompetensi ini, masih sangat jarang siswa yang mampu mengalami ketuntasan belajar dengan indikator dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Bahkan ada beberapa siswa yang sama sekali tidak bisa mengungkapkan bahasa Indonesia dalam cara dia berkomunikasi. Sampel masalah ini penulis angkat dari fakta yang terjadi di MI Sunan Giri Malang. Hal inilah yang kemudian menarik perhatian peneliti untuk berusaha mencarikan solusi dari permasalahan yang dihadapi.

Alternatif yang peneliti tawarkan dalam mengatasi masalah tersebut adalah penggunaan metode jigsaw learning. Metode ini mengajak dan menuntut siswa untuk bekerja sama dalam kelompok untuk saling bergantungan. Satu kelompok bertugas memberikan pemahaman terhadp kelompok lain, begitu juga sebaliknya. Proses interaksi yang dilakukan siswa melalui metode ini adalah menggunakan bahasa lisan. Dengan demikian kemampuan siswa dalam berbicara akan dapat terlatih dan pada berikutnya akan menjadikan siswa terbiasa dan mampu dalam berbicara atau berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dalam kegiatan sehari-hari.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu menggambarkan tentang penerapan metode jigsaw learning dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada bidang studi bahasa Indonesia di kelas IV MI Sunan Giri Jabung Malang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi dan dokumentasi yang langsung di lakukan di lapangan. Adapun desain penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Dari hasil penelitian yang telah peneliti laksanakan, secara menyeluruh dapat diketahui bahwa penerapan metode jigsaw learning sangat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berbicaranya menggunakan bahasa Indonesia. Hal itu dapat diketahui dari hasil akhir evaluasi yang menunjukkan peningkatan pada kompetensi berbicara siswa menggunakan bahasa Indonesia.

 

Kata Kunci: Jigsaw Learning Methode, Berbicara, Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.