STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR

Siti Mislikhah

Abstract


Pembelajaran membaca di sekolah dasar dinilai sangat penting. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa pembelajaran membaca tidak hanya berperan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak, tetapi lebih dari itu, yaitu untuk    meningkatkan kemampuan siswa dalam mempelajari mata pelajaran yang lainnya. Namun kenyataanya pembelajaran membaca yang dilaksanakan di sekolah dasar masih belum memuaskan dan belum sesuai dengan harapan. 

Hal tersebut, disebabkan pembelajaran membaca di sekolah dasar masih belum menitikberatkan pada pembentukan kebiasaan membaca pada siswa. Selain itu, pembelajaran membaca masih dianggap membosankan dan monoton. Kondisi ini ditengarai oleh belum maksimalnya  pelaksanaan pembelajaran membaca di sekolah. Sebagian guru masih menerapkan prosedur pembelajaran membaca yang kurang tepat. Di sisi lain, pengembangan kemampuan metakognisi siswa melalui penguasaan berbagai macam strategi membaca masih diabaikan oleh guru. Kondisi tersebut dapat berdampak pada kemampuan membaca siswa yang dinilai masih cukup rendah. Melalui tulisan ini ditawarkan beberapa alternatif strategi pembelajaran membaca yang diharapkan mampu meningkatkan pemebelajaran membaca di sekolah dasar.

 

Kata Kunci :    Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Membaca, dan Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.