PENGGUNAAN AUTHENTIC ASESMENT SEBAGAI ME-DIA PEMBELAJARAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN MATHEMATICS PROBLEM SOLVING PERFORMANCE MODELLING UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Nurcholif Diah Sri Lestari

Abstract


Pembelajaran kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar jarang menjadi fokus perhatian guru karena sulitnya mengajarkan sekaligus menilai kemampuan pemecahan masalah. Penilaian kemampuan pemecahan masalah merupakan kewajiban guru ketika melaksanakan pembelajaran pemecahan masalah. Penilaian ini harus bersifat menyeluruh mulai dari proses hingga akhir sehingga guru dapat memonitor perkembangan belajar siswa. Penilaian pemecahan masalah dapat dilakukan melalui penilaian terhadap performa siswa dalam memecahkan masalah dengan menggunakan authentic asesment . Model Pembelajaran Mathematics Problem Solving Performance Modelling menawarkan solusi untuk menggunakan penilaian sebagai media pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan tentang bagaimana kemampuan pemecahan masalah diases dengan menggunakan instrumen authentic asesment dalam format pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Mathematics Problem Solving Performance Modelling. Instrument authentic asesment  yang digunakan meliputi exemplar rubrik siswa dan exemplar rubric guru

 

Kata kunci: problem solving, exemplar rubric, Mathematics Problem Solving Performance Modelling.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.