PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DIKJAS ORKES MATERI LARI ESTAFET PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN MADYOPURO VI KECAMATAN KEDUNG KAN-DANG KOTA MALANG

Fajar Surya Hutama

Abstract


Pembelajaran Dikjas Orkes merupakan bagian integral dari proses pendidikan di SD. Dikjas Orkes bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik agar sehat jasmani dan rohani dalam menumbuhkan rasa sportivitas. Hal ini menunjukkan bahwa Dikjas Orkes dapat diposisikan setara dengan ilmu pengetahuan yang lain. Pembelajaran Dikjas Orkes yang cenderung mengarah pada pendidikan olahraga mengakibatkan tujuan dari Dikjas Orkes untuk menanamkan sikap senang peserta didik dalam berolahraga dan menjaga kesehatan tubuhnya akan sulit tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran Dikjas Orkes pada materi lari estafet di kelas IV SDN Madyopuro VI Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau memaparkan permasalahan mendesak yang terjadi pada masa kini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa (1) guru Dikjas Orkes di SDN Madyopuro VI dalam melaksanakan pembelajaran pada materi lari estafet tidak membuat RPP yang seharusnya perlu dipersiapkan guna memberi arah yang jelas dalam melaksanakan pembelajaran pada peserta didik; (2) guru tidak melaksanakan evaluasi, sehingga tidak dapat diketahui sejauh mana keberhasilan pembelajaran yang dilakukan oleh guru; dan (3) berdasarkan pelaksanaan pembelajaran Dikjas Orkes secara keseluruhan dapat dinyatakan bahwa pelaksanaan pembelajarannya masih berpola pendidikan olahraga.

 

Kata kunci: Pembelajaran Dikjas Orkes Materi Lari Estafet.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.