ALTERNATIF PENGKONSTRUKSI PENGETAHUAN NILAI RATA-RATA HITUNG ( Mean) SEBAGAI UKURAN PEMUSATAN MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI JENJANG PENDIDIKAN DASAR

Suwarno M.Pd

Abstract


Konsep Mean (rata-rata hitung) merupakan salah satu ukuran pemusatan yang memegang peranan penting dalam analisisi data pembelajaran statistika sebagai cabang ilmu matematika di sekolah-sekolah saat ini masih cenderung dilaksanakan dengan penyajian rumus-rumus yang tidak didahului dengan pengkontruksian konsep oleh siswa sendiri. Hal ini mmenjadi penting untuk membenahi pemahaman siswa di jenjang pendidikan dasar. Salah satu alternatif penyajian pembelajaran yang dinilai tepat dalam mengkonstruksi konsep mean pada jenjang SD/MI.Ada tujuh komponen utama pembelajaran yang mendasari penerapan pembelajaran kontekstual dikelas yaitu: konstruktivisme (Constructivism), bertanya (questioning), menemukan (Inquiry), masyarakat belajar (Learning Society), pemodelan (Modeling), refleksi (Reflection) dan penilaian autentik (Authentic Assessment) yang tercerminn dalam tahapan pembelajaran.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.