DINAMIKA KURIKULUM PESANTREN

Dr. H. Mundir

Abstract


Pondok atau pondok pesantren, merupakan salah satu bentuk pendidikan khas Indonesia. Pesantren pada mulanya lahir dengan karakteristik salaf, yaitu sebagai pendidikan keagamaan dengan konsentrasi ilmu-ilmu keagamaan, semisal tafsir, ilmu tafsir, hadits, ilmu hadits, fiqh, ilmu fiqh, qaidah ushul fiqh, dan ilmu-ilmu lain yang bernafaskan keagamaan. Namun sesuai tuntutan masyarakat, kini pesantren telah mengalami dinamika di berbagai aspek, khususnya di bidang kurikulum. Kurikulum pesantren telah mengalami dinamika/inovasi. Berbagai ilmu terkait dengan urusan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, juga diajarkan di pesantern. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan mendiskusikan dinamika/inovasi kurikulum pesantren, sebagaimana yang dialami oleh pesantren-pesantren salaf (tradisional). Pesantren salaf yang melakukan inovasi di bidang kurikulum inilah pada akhirnya disebut dengan pesantren kholaf (modern).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.