PENGARUH KEKUATAN PASAR DALAM MENETAPKAN HARGA DALAM PERSPEKTIF ISLAM

mariyah ulfah

Abstract


Pasar adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli produsen dan konsumen dalam jumlah massa yang mana adanya kekuatan daya penawaran dari pihak perusahaan penghasil barang dalam menghasilkan output memerlukan biaya pengolah bahan baku dan juga upah tenaga kerja. Juga adanya faktor permintaan dari sejumlah konsumen dalam memanfaatkan barang yang diinginkan dengan ketetapan harga yang terjadi antara jumlah barang yang dibutuhkan dengan tingkat permintaan dari masyarakat luas yang membutuhkan barang tersebut. Sehingga menghasilkan sebuah ketetapan harga setelah terjadi ekuilibrium atau tingkat keseimbangan antara daya permintaan dan penawaran tersebut. Islam menetapkan bahwa tingkat keimanan yang menjadi faktor dalam permintaan suatu barang dan faktor dalam penawaran suatu perusahaan dengan tingkat mashlahat. Mashlahat yaitu manfaat dan berkah. Tingkat keimanan seorang muslim yang tinggi akan menghasilkan sebuah permintaan suatu barang yang membawa mashlahat yang banyak dan begitu juga sebaliknya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.