PERKEMBANGAN ISLAM DI AMERIKA Sebelum dan Setelah Tragedi 11 September 2001

Aminullah Elhadi

Abstract


Serangan teroris terhadap WTC pada 11 September 2001 menjadi salah satu peristiwa penting dalam sejarah dunia, karena peristiwa itu menjadi tragedi yang berdimensi kemanusiaan, sosial, politik, ekonomi, serta berpengaruh pada pendangan masyarakat terhadap Islam, Muslim, dan perkembangan Islam di Amerika.
Terlepas dari kontroversi dan opini yang dikembangkan melalui media massa serta klaim Amerika Serikat terhadap peristiwa tersebut, telah terjadi perubahan penting dalam kehidupan masyarakat Muslim di Amerika dan di negara-negara Barat lainnnya.
Di balik tragedi 9/11 ada hikmah bagi Islam dan Muslim, meski mereka harus menebusnya dengan berbagai penderitaan psikis. Dari sana terbuka forum-forum diskusi dan kajian mengenai Islam, Muslim, dan hubungannya dengan penganut agama lain. Kemudian bersamaan dengan pertanyaan-pertanyaan dan keingintahuan masyarakat mengenai ajaran Islam, ternyata agama ini menyedot perhatian masyarakat dan dunia sehingga sejak itu banyak orang yang berkonversi menjadi Muslim.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.