MEMBURU BAYANG BAYANG POPULARITAS Telaah atas eksistensi tayangan infotainment di televisi

Ahmad nor

Abstract


Tulisan ini merupakan studi media yang berusaha melihat fenomena budaya pop yang dewasa ini telah menjadi ikon masyarakat modern. Objek yang akan dikaji adalah program infotainment yang ditayangkan di televisi. Dari sekian banyak dimensi yang melekat dalam infotainment, kertas kerja ini hanya akan berlabuh pada nilai popularitas yang diasumsikan menjadi modal utama bertahannya program tersebut. Pertanyaan yang kerapkali menggelisahkan adalah kekuatan apa yang menjadikan infotainment menjadi program televisi yang sangat populer dan bertahan hingga saat ini.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut akan digunakan teori produksi dan resepsi media stuart hall dan propaganda media Noam Chomsky. Melalui dua pendekatan tersebut tergambar secara jelas bahwa popularitas infotainment di tentukan oleh keterlibatan aktor media dan pemilik media yang sangat negosiatif hegemonik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.