ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SEMANGAT KERJA KARYAWAN PADA PT. PATRA TRADING JEMBER

Retna Anggitaningsih

Abstract


Untuk dapat merealisasikan tujuan perusahaan, selain sangat diperlukan keharmonisan pengelolaan sumber daya, perusahaan juga dituntut untuk dapat menciptakan semangat kerja karyawan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi semangat kerja karyawan dalam melaksanakan tugasnya, yaitu lingkungan kerja. Lingkungan kerja sangat mempengaruhi kondisi ketegangan emosi, proses berpikir atau proses bekerja seorang atau karyawan.

Dalam bekerja karyawan memerlukan lingkungan kerja, tempat kerja yang dapat memberikan ketenangan atau bisa  mendukung proses kerjanya. Untuk itu adanya penanganan khusus tentang lingkungan kerja oleh pihak manajemen. Penanganan lingkungan yang dapat dilakukan antnra lain, dengan memberikan fasilitas kepada karyawan, misalnya kebersihan tempat kerja, penerangan tempat kerja, kesejahteraan karyawan dan sebagainya.

Seperti halnya perusahaan-perusahaan yang lain, PT Patra Trading Jember melakukan upaya seoptimal mungkin untuk dapat meningkatkan semangat karyawan. Salah satu upaya tersebut diantaranya dengan memberikan lingkungan kerja yang baik. Lingkungan kerja yang baik, semangat kerja karyawan akan meningkat. Sehingga karyawan mampu menjaga produktifitas kinerja dengan baik, pada dasarnya produktifitas kinerja karyawan yang baik akan memberikan kepuasan bagi perusahaan maupun karyawan. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.