MERANCANG MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG MENARIK (Analisis Pemikiran Anderson)

Evi Fatimatur Rusydiyah

Abstract


Seiring dengan kemajuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) peranan media dalam pembelajaran tengah mendapat perhatian yang serius. Belajar dengan memanfaatkan media dapat mempermudah guru melakukan pembelajaran sehingga tujuan belajar yang berkaitan dengan terjadinya perubahan tingkah laku, baik yang terkait dengan sikap, pengetahuan, maupun keterampilan.  

Demikian juga pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, media sebagai sarana penyampaian pesan pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran agar lebih efektif dan efesien. Namun demikian, untuk memilih media secara tepat berdasarkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai haruslah mempertimbangkan karakteristik mata pelajaran dan karakteristik peserta didik, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pemilihannya.

Media merupakan salah satu komponen utama dalam pembelajaran selain, tujuan, materi, metode dan evaluasi, maka sudah seharusnya dalam pembelajaran guru menggunakan media. Proses pemilihan media menjadi penting karena kedudukan media yang strategis untuk keberhasilan pembelajaran.  Media digunakan jika media itu mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan serta sesuai dengan sifat materi instruksionalnya yang telah dirumuskan, dengan demikian media dapat digunakan secara efektif dan efisien, Penggunaan media pembelajaran juga membutuhkan strategi agar pesan yang ada dalam media bisa tersampaikan dengan baik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.