MODEL PEMBELAJARAN QUATUM TEACHING DALAM AL-QUR’AN

Ahmad Nurcholis

Abstract


Lembaga-lembaga pendidikan pesantren modern saat ini telah mengembangkan penguasaan terhadap metodologi pembelajaran yang mengacu pada kaidah “al-thariqah ahmmu min al-madah”. Hal ini membuktikan bahwa tenaga pendidik yang profesional adalah tenaga pendidik yang selain menguasai materi pelajaran yang akan diajarkan, juga menguasai metodologi pembelajaran dengan baik. Tidak sedikit di antara guru yang benar-benar hafal materi suatu mata pelajaran, akan tetapi karena tidak menguasai metodologi pembelajaran dengan baik, hasilnya menjadi kurang memuaskan. Maka jika dicermati pembaharuan paradigma tersebut di atas, merupakan pandangan konstruktivitis.Dan jika dikaitkan dengan al-Qur’an, maka sebenarnya prinsip model pembelajaran Quantum Theaching telah lama ada, di antaranya dalam QS. Ali Imron, 3 : 190-191 yang menyatakan bahwa penciptaan semua makhluk hidup di alam semesta ini memiliki tujuan yang  jelas ..


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.